Minggu, 20 Januari 2013

Storyboard Tugas Pengantar Telematika


assalamualaikum wr.wb ....

Pada hari ini saya akan memposting sebuah Storyboard yang dimana berisi tulisan dan tugas yang telah di dapat selama menjalani mata kuliah Pengantar Telematika dengan ibu Rifki Amalia.Dan tugas dan tulisan yang saya posting selama mengikuti mata kuliah ini adalah :


Dan berkut ini adalah storyboard dari penulisan (tulisan) :

1. Definisi Telematika
 
Judul Posting : Tulisan 1 ~ Pengantar Telematika ~ Definisi Telematika
Link Posting  : http://ratnawatisandini.blogspot.com/2012/10/tulisan-1-pengantar-telematika-definisi.html
Tanggal Posting : 2012-10-02 pada pukul  05:40:43

Ringkasan Postingan Definisi Telematika adalah :

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi di Indonesia juga sangat jelas dibutuhkan mengingat kondisi geografis, yaitu lebih dari 17 ribu pulau. Sehingga dari kondisi tersebut, alat komunikasi dan informasi lebih dibutuhkan dibanding di negara dengan kondisi geografis daratan. Kepulauan Indonesia scattered (berpencar, tersebar) dan ukurannyajuga besar. Hal ini berbeda dengan negara Filipina, walaupun sama-sama negara kepulauan. Kondisi Filipina, pulaunya terkumpul dan tidak lebih besar dibanding pulau-pulau utama di Indonesia. Sehingga, dengan kondisi geografis demikian, teknologi informasi dan komunikasi sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi.
Teknologi perangkat portabel iPad, Skypad, lainnya juga salah satu elemen teknologi telekomunikasi yang terus berkembang. Hal tersebut dapat dilihat dari setiap kali pameran telematika di Indonesia, terutama Jakarta. Harga iPad dengan kekuatan teknologinya, data, foto, dan lain sebagainya dalam jumlah besar bisa sinergis dengan server yang disediakan provider. Teknologi pad-pad tersebut juga kian bersinergi dengan kekuatan teknologi antara lain wifi, GSM, dan lain sebagainya. Dari teknologi yang kian berkembang, mendorong tingkat melek masyarakat juga semakin meningkat. Penetrasi pelanggan ponsel sudah ratusan juta. Angka tersebut sudah setara, sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia yaitu sekitar 230 juta. Dan yang lebih menggembirakan lagi, di berbagai daerah, bahkan daerah pelosok di Indonesia juga sudah banyak yang menggunakan alat komunikasi seperti handphone, internet, dan lain sebagainya.

2. Arsitektur Telematika (sisi client & server )
  
Judul Posting : Tulisan 2 ~ Pengantar Telematika ~ Arsitektur Telematika (sisi client & server )
Link Posting  : http://ratnawatisandini.blogspot.com/2012/10/tulisan-2-pengantar-telematika_1.html
Tanggal Posting : 2012-10-02 pada pukul 06:01:34

Ringkasan Postingan Arsitektur Telematika (sisi client & server ) adalah :

Secara umum Arsitektur Client-Server adalah sebuah aplikasi terdistribusi arsitektur yang memiliki tugas atau beban kerja antara penyedia layanan (server) dan pelayan pemohon (client). Sering kali client dan server beroperasi melalui jaringan komputer pada hardware yang terpisah. Sebuah mesin server yang bertugas sebagai host untuk menampung sumber daya untuk berbagi dengan client.Dalam perkembangannya client-server dikembangkan oleh perusahaan software besar seperti Baam,informix, Microsoft, Sun microsystem, Lotus, SAP, Novell, Sybase, dan lain-lain.Perusahaan inilah diantaranya muncul diera pertama dikembangkannya konsep client-server.


3. Kolaborasi Arsitektur sisi client dan server

Judul Posting :Tulisan 3 ~ Pengantar Telematika ~ Kolaborasi Arsitektur sisi client dan server
Link Posting  :http://ratnawatisandini.blogspot.com/2012/10/tulisan-3-pengantar-telematika.html
Tanggal Posting: 2012-10-02 pada pukul 06:16:47
Ringkasan Postingan Kolaborasi Arsitektur sisi client dan server  adalah :

Kolaborasinya dalah sebagai berikut :

1) Arsitektur Single- Tier

Arsitektur Single- Tier adalah semua komponen produksi dari sistem dijalankan pada komputer yang sama. Sederhana dan alternatifnya sangat mahal. Membutuhkan sedikit perlengkapan untuk dibeli dan dipelihara. Kelemahan pada keamanan dari arsitektur ini yaitu rendahnya dan kurangnya skalabilitas. Sebuah arsitektur skala besar yang dapat dengan mudah diperluas atau dilengkapi untuk memenuhi performa yang dibutuhkan.
2) Arsitektur Two-tier
Pada Arsitektur Two-tier, antarmukanya terdapat pada lingkungan desktop dan sistem manajemen database biasanya ada pada server yang lebih kuat yang menyediakan layanan pada banyak client. Pengolahan informasi dibagi antara lingkungan antarmuka sistem dan lingkungan server manajemen database. Manajemen database server mendukung untuk penyimpanan prosedur dan trigger. Vendor perangkat lunak menyediakan alat-alat untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi untuk arsitektur dua lapis client dan server .
3) Arsitektur Three-tier
Arsitektur Three-Tier diperkenalkan untuk mengatasi kelemahan dari arsitektur two-tier. Di tiga tingkatan arsitektur, sebuah middleware digunakan antara sistem user interface lingkungan client dan server manajemen database lingkungan. Middleware ini diimplementasikan dalam berbagai cara seperti pengolahan transaksi monitor, pesan server atau aplikasi server. Middleware menjalankan fungsi dari antrian, eksekusi aplikasi dan database staging. Di samping itu middleware juga mempunyai penjadwalan dan prioritas pada pekerjaan yang sedang dilakukan. Three-tier client dan server arsitektur digunakan untuk meningkatkan performa untuk jumlah pengguna besar dan juga meningkatkan fleksibilitas ketika dibandingkan dengan pendekatan dua tingkat. Kekurangannya adalah pengembangan lebih sulit daripada pengembangan pada arsitektur dua lapis.

4. Layanan Telematika (informasi,keamanan dan context-aware)

 Judul Posting : Tulisan 4 ~ Pengantar Telematika ~ Layanan Telematika (informasi,keamanan dan context-aware)
Link Posting   : http://ratnawatisandini.blogspot.com/2012/10/tulisan-4-pengantar-telematika-layanan.html
Tanggal Posting: 2012-10-02 pada pukul 06:25:59
Ringkasan Postingan Layanan Telematika (informasi,keamanan dan context-aware) adalah:
 
1. Layanan telematika di bidang informasi

Dalam layanan ini telematika menyatukan system komunikasi dengan kendaran seperti mobil untuk memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat.
Ada beberapa contoh pelayanan informasi seperti:
- Jasa pelayanan internet
- Informasi lalu lintas terbaru
-Telematik terminal

2. Layanan Keamanan

Layanan telematika yang kedua adalah layanan keamanan. Layanan ini menyediakan fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.

3. Layanan Context-Aware dan Event-base

Di dalam ilmu komputer menyatakan bahwa perangkat komputer memiliki kepekaan dan dapat bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan tertentu yang tersimpan di dalam perangkat. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh Schilit pada tahun 1994 dengan istilah context-awareness.

4. Layanan Perbaikan Sumber

Indonesia pada saat ini tengah dalam masa transisi menuju negara demokrasi. Dengan sistem pemerintahan yang terdesentralisasi dalam negara kesatuan dan persatuan bangsa yang kukuh. Untuk mempercepat proses demokrasi dalam kesatuan dan persatuan tersebut, Indonesia harus mampu mendayagunakan potensi teknologi telematika untuk keperluan :
• meniadakan hambatan pertukaran informasi antar masyarakat dan antar wilayah negara, karena hanya dengan demikian berbagai bentuk kesenjangan yang mengancam kesatuan bangsa dapat teratasi secara bertahap.
• memberikan kesempatan yang sama serta meningkatkan ketersediaan informasidan pelayanan publik yang diperlukan untuk memperbaiki kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat, serta memperluas jangkauannya agar dapat mencapai seluruh wilayah negara.
• memperbesar kesempatan bagi usaha kecil dan menengah untuk berkembang karena dengan teknologi telematika mampu memanfaatkan pasar yang lebih luas
• meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan kemampuan inovasi dalam sektor produksi, serta memperlancar rantai distribusi,agar daya saing ekonomi nasional dalam persaingan global dapat diperkuat.
• meningkatkan transparansi dan memperbaiki efisiensi pelayanan publik, serta memperlancar interaksi antar lembaga-lembaga pemerintah, baik pada tingkat pusat maupun daerah, sebagai landasan untuk membentuk kepemerintahan yang efektif, bersih,dan berorientasi pada kepentingan rakyat.

5. Cara Kerja Jaringan Wireless

Judul Posting : Tulisan 5 ~ Pengantar Telematika ~ Cara Kerja Jaringan Wireless
Link Posting   : http://ratnawatisandini.blogspot.com/2012/10/tulisan-5-pengantar-telematika-cara.html
Tanggal Posting: 2012-10-02 pada pukul  06:44:39

Ringkasan Postingan Cara Kerja Jaringan Wireless adalah:


Sistem wireless terdiri dari tiga komponen dibutuhkan. Yaitu: 
  1. Sinyal Radio (Radio Signal).
  2. Format Data (Data Format).
  3. Struktur Jaringan atau Network (Network Structure).
6. Head Up Display system

Judul Posting  : Tulisan 6 ~ Pengantar Telematika ~ Head Up Display system
Link Posting   : http://ratnawatisandini.blogspot.com/2012/10/tulisan-6-pengantar-telematika-head-up.html
Tanggal Posting: 2012-10-27 pada pukul 03:06:51
 
 Ringkasan Postingan Head Up Display system  adalah:
 
HUD terbagi menjadi 3 generasi yang mencerminkan teknologi yang digunakan untuk menghasilkan gambar, yaitu:
  •  Generasi Pertama – Gunakan CRT untuk menghasilkan sebuah gambar pada layar fosfor, memiliki kelemahan dari degradasi dari waktu ke waktu dari lapisan layar fosfor. Mayoritas HUDs beroperasi saat ini adalah dari jenis ini
  • .Generasi Kedua – Gunakan sumber cahaya padat, misalnya LED, yang dimodulasi oleh sebuah layar      LCD untuk menampilkan gambar. Ini menghilangkan memudar dengan waktu dan juga tegangan tinggi yang dibutuhkan untuk sistem generasi pertama. Sistem ini pada pesawat komersial.
  • Generasi Ketiga – Gunakan waveguides optik untuk menghasilkan gambar secara langsung dalam Combiner daripada menggunakan sistem proyeksi. 
7. Tangible User Interface
Judul Posting  : Tulisan 7 ~ Pengantar Telematika ~ Tangible User Interface
Link Posting   : http://ratnawatisandini.blogspot.com/2012/10/tulisan-7-pengantar-telematika-tangible.html
Tanggal Posting: 2012-10-27 pada pukul 03:13:52
 
 Ringkasan Postingan Tangible User Interface adalah:

 Tangible User Interface (TUI) adalah sebuah antar muka pengguna di mana seseorang berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Sebuah TUI adalah salah satu teknologi dimana pengguna berinteraksi dengan sistem digital melalui manipulasi obyek fisik terkait dan langsung mewakili kualitas sistem tersebut.Nama awal dari TUI adalah Graspable User Interface (GUI), yang tidak lagi digunakan.
 
Penerapan Tangible User Interface

1. Mouse
2. Siftables
3. Reactable
4. Microsoft Surface
5. Marble Answering Machine
6. Sistem Topobo

8.  Computer Vision
 
Judul Posting  : Tulisan 8 ~ Pengantar Telematika ~ Computer Vision
Link Posting   : http://ratnawatisandini.blogspot.com/2012/10/tulisan-7-pengantar-telematika-computer.html
Tanggal Posting: 2012-10-27 pada pukul 03:25:30
 
Ringkasan Postingan Computer Vision adalah:

Computer Vision adalah ilmu dan teknologi mesin yang melihat, di mana mesin mampu mengekstrak informasi dari gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu.
Computer Vision adalah kombinasi antara :
  • Pengolahan Citra (Image Processing), bidang yang berhubungan dengan proses transformasi citra/gambar (image). Proses ini bertujuan untuk mendapatkan kualitas citra yang lebih baik.
  • Pengenalan Pola (Pattern Recognition), bidang ini berhubungan dengan proses identifikasi obyek pada citra atau interpretasi citra. Proses ini bertujuan untuk mengekstrak informasi/pesan yang disampaikan oleh gambar/citra.
Contoh aplikasi dari Computer Vision

Beberapa aplikasi yang dihasilkan dari Computer Vision antara lain : 1. Psychology, AI – exploring representation and computation in natural vision
2. Optical Character Recognition – text reading
3. Remote Sensing – land use and environmental monitoring
4. Medical Image Analysis – measurement and interpretation of many types of images
5. Industrial Inspection – measurement, fault checking, process control
6. Robotic – navigation and cont
9. Speech Recognation Dan Middleware Telematika
 
Judul Posting  : Tulisan 9 ~ Pengantar Telematika ~ Speech Recognation Dan Middleware Telematika
Link Posting   : http://ratnawatisandini.blogspot.com/2012/10/tulisan-9-pengantar-telematika-speech.html
Tanggal Posting: 2012-10-27 pada pukul 03:41:31
Ringkasan Postingan Speech Recognation Dan Middleware Telematika adalah:
 
speech recognition yang artian dalam bahasa indonesianya adalah suatu alat pengenalan ucapan atau pengenalan wicara yaitu suatu pengembangan teknik dan sistem yang memungkinkan komputer untuk menerima masukan berupa kata yang diucapkan. Teknologi ini memungkinkan suatu perangkat untuk mengenali dan memahami kata-kata yang diucapkan dengan cara digitalisasi kata dan mencocokkan sinyal digital tersebut dengan suatu pola tertentu yang tersimpan dalam suatu perangkat. Kata-kata yang diucapkan diubah bentuknya menjadi sinyal digital dengan cara mengubah gelombang suara menjadi sekumpulan angka yang kemudian disesuaikan dengan kode-kode tertentu untuk mengidentifikasikan kata-kata tersebut. Dalam dunia teknologi informasi, terminologi middleware adalah pemrograman komputer yang digunakan untuk menyatukan, sebagai penghubung, atau untuk meningkatkan fungsi dari dua buah program/aplikasi yang telah ada. Perangkat lunak middleware adalah perangkat lunak yang terletak diantara program aplikasi dan pelayanan  yang ada di sistem operasi. Dalam dunia teknologi informasi, terminologi middleware adalah istilah umum dalam pemrograman komputer yang digunakan untuk menyatukan, sebagai penghubung, ataupun untuk meningkatkan fungsi dari dua buah progaram/aplikasi yang telah ada.
  
10. Manajemen Data Sisi Klien
 
Judul Posting  : Tulisan 10 ~ Pengantar Telematika ~ Manajemen Data Sisi Klien
Link Posting   : http://ratnawatisandini.blogspot.com/2012/11/tulisan-10-pengantar-telematika.html
Tanggal Posting : 2012-11-25 pada pukul 19:42:09

Ringkasan Postingan Manajemen Data Sisi Klien adalah:

client-Server merupakan sebuah kemampuan dan layanan komputer untuk meminta request dan menjawab request data ke komputer lain. Setiap instance dari komputer yang meminta layanan / request disebut sebagai client dan setiap instance yang menyediakan/memberikan layanan atau menjawab request disebut server. Data yang diminta oleh client diambil dari database pada sisi server (server side) yang sering disebut database server.Client server diaplikasikan pada aplikasi mainframe yang sangat besar untuk membagi beban proses loading antara client dan server. Pada awalnya pengertian client server adalah sebuah sistem yang saling berhubungan dalam sebuah jaringan yang memiliki dua komponen utama yang satu berfungsi sebagai client dan satunya lagi sebagai server atau biasa disebut 2-Tier. Ada beberapa pengertian lagi tentang client-server ini, tetapi pada intinya client server adalah desain sebuah aplikasi terdiri dari client dan server yang saling berkomunikasi ketika mengakses server dalam suatu jaringan.
       .
Karakteristik sisi client (Client side)

       1.      Selalu memulai permintaan layanan
       2.      Menunggu dan menerima balasan dari server
       3.      Biasanya terhubung dengan server-server kecil dalam satu waktu
       4.      Berinteraksi langsung dengan pengguna akhir (end user) dengan menggunakan GUI  
       11. Manajemen Data Sisi User
       
       Judul Posting  : Tulisan 11 ~ Pengantar Telematika ~ Manajemen Data Sisi User                  
       Link Posting   : http://ratnawatisandini.blogspot.com/2012/11/tulisan-11-pengantar-telematika.html
       Tanggal Posting :2012-11-25 pada pukul 19:51:18
  
       Ringkasan Postingan Manajemen Data Sisi User adalah:
             
      Manajemen Data yang terjadi pada sisi klien dapat kita pahami pada DBMS dibawah ini.

      Mobile DBMS (Embedded/Ultra tiny/Java Database)
    Merupakan suatu DBMS yang terdapat pada peralatan bergerak (mobile device). Mobile DBMS adalah versi khusus dari sebuah departemen atau perusahaan DBMS.Ini dirancang untuk digunakan dengan remote pengguna yang biasanya tidak terhubung ke jaringan. DBMS memungkinkan mobile akses database lokal dan modifikasi pada laptop atau perangkat genggam, seperti PDA atau PocketPC Palm. Selanjutnya, mobile DBMS menyediakan mekanisme untuk sinkronisasi perubahan basis data jauh terpusat, perusahaan atau departemen server database.

b
12. Manajemen Database System Peragkat Lunak

Judul Posting  : Tulisan 12 ~ Pengantar Telematika ~ Manajemen Database System Peragkat Lunak
       Link Posting : http://ratnawatisandini.blogspot.com/2012/11/tulisan-12-pengantar-telematika.html
       Tanggal Posting : 2012-11-25 pada pukul  20:05:35
      Ringkasan Postingan Manajemen Database System Peragkat Lunak adalah:
      Pesatnya perkembangan bagi komunikasi bergerak mendorong para operator layanan berlomba untuk memperkaya macam layanannya guna menambah pemasukan bagi perusahaanya. Komunikasi data bergerak, misalnya untuk akses internet. Pengenalan WAP (Wireless Application Protocol) telah menunjukkan potensi sebagai layanan internet nirkabel/ WAP merupakan protocol global terbuka yang memungkinkan para pengguna mengakses layanan-layanan on-line dari layar kecil pada telepon genggam dengan menggunakan built-in browser. WAP bekerja pada berbagai teknologi jaringan bergerak, yang memungkinkan pasar missal bagi penciptaan layanan data bergerak.
13. Bagaimana spesifikasi dari Open Service Gateway Intiative (OSCI)

Judul Posting     : Tulisan 13 ~ Pengantar Telematika ~ Bagaimana spesifikasi dari Open Service Gateway Intiative (OSCI)
Link Posting: http://ratnawatisandini.blogspot.com/2012/11/tulisan-13-pengantar-telematika.html
Tanggal Posting : 2012-11-25 pada pukul 20:18:52

Ringkasan Postingan Bagaimana spesifikasi dari Open Service Gateway Intiative (OSCI)
adalah:

The OSGi Alliance (sebelumnya dikenal sebagai Open Services Gateway inisiatif, sekarang nama kuno) adalah terbuka organisasi standar yang didirikan pada Maret 1999. Aliansi dan anggota-anggotanya telah ditentukan yang Java berbasis layanan platform yang dapat dikelola dari jarak jauhInti bagian dari spesifikasi adalah sebuah kerangka kerja yang mendefinisikan suatu manajemen siklus hidup aplikasi model, layanan registry, sebuah lingkungan Eksekusi dan Modul. Berdasarkan kerangka ini, sejumlah besar OSGi layers, API, dan Jasa telah ditetapkan.OSGi teknologi adalah sistem modul dinamis untuk Java ™.OSGi teknologi menyediakan layanan berorientasi, komponen berbasis lingkungan untuk para pengembang dan menawarkan cara-cara standar untuk mengelola siklus hidup perangkat lunak. Kemampuan ini sangat meningkatkan nilai berbagai komputer dan perangkat yang menggunakan platform Java.Pengadopsi teknologi OSGi manfaat dari peningkatan waktu ke pasar dan mengurangi biaya pengembangan karena teknologi OSGi menyediakan integrasi pra-dibangun dan pra-komponen subsistem diuji. Teknologi ini juga mengurangi biaya pemeliharaan dan kemajuan aftermarket baru peluang unik karena jaringan dapat dimanfaatkan untuk secara dinamis mengupdate atau memberikan layanan dan aplikasi di lapangan.

14. Bagaimana arsitektur dari Open Service Gateway Intiative (OSCI)

Judul Posting        : Tulisan 14 ~ Pengantar Telematika ~ Bagaimana arsitektur dari Open Service Gateway Intiative (OSCI)
Link Posting : http://ratnawatisandini.blogspot.com/2012/11/tulisan-14-pengantar-telematika.html
Tanggal Posting : 2012-11-25 pada pukul  20:25:29

Ringkasan Postingan Bagaimana arsitektur dari Open Service Gateway Intiative (OSCI)
adalah:
Setiap kerangka yang menerapkan standar OSGi menyediakan suatu lingkungan untuk modularisasi aplikasi ke dalam kumpulan yang lebih kecil. Setiap bundel adalah erat-coupled, dynamically loadable kelas koleksi, botol, dan file-file konfigurasi yang secara eksplisit menyatakan dependensi eksternal mereka (jika ada).  Kerangka kerja konseptual yang dibagi dalam bidang-bidang berikut:
  1. Bundles

  2. Services

  3. Services

  4. Life-Cycle

  5. Modules

  6. Security

  7. Execution Environment
    
Dan berkut ini adalah storyboard dari penulisan (tugas) :
1.                  Tugas Pertama
Judul Posting               : Tugas 1 ~ Perkembangan dan Tren Kedepan Telematika
Link Posting                 :http://ratnawatisandini.blogspot.com/2012/10/tugas-1-perkembangan-dan-tren-kedepan.html
Tanggal Posting                        : 2012-11-25  pada pukul 20:55:04

      Rangkuman:

            Menurut beberapa link yang saya baca tentang pokok bahasan ini istilah telematika yang berasal dari kata  Perancis yaitu telematique yang dimana artinya merupakan gabungan  dari dua kata dan 2 katanya adalah  telekomunikasi dan informatika. Jadi pengertian  dari "Telematika" sendiri itu lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan komputer dalam sistem telekomunikasi. Yang dimana yang dimaksud telematika itu adalah layanan dial up yang di hubungin ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan kepada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Jadi internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika.Dan sekarang kan sudah banyak banget yang memakai jaringan yaitu misalnya smartphone yang sekarang udah hampir dari orang tua,dari orang muda sampai anak kecil punya yang namanya smartphone yang dimana dalam smartphone tersebut menggunakan Internet yang dimana pastinya dong pake  yang namanya jaringan.So,udah amat sangat mudah untuk memakai sebuah jaringan.Dan kalo di bilang tren kedepannya jaringan lebih cangih dan lebih di titik beratkan di bidang keamanan atau yang sering kita sebut security.Kenapa? karena namanya juga jaringan pastinya berisi data data penting dan sangat privacy misalnya hal yang sangat mudah untuk di buat contoh adalah Facebook.Pembuat facebook menggunakan jaringan kan? dan gak bakal bisa akses yang namanya facebook kalo gag ada jarngan.Dan dengan kita tau seberapa banyak pengguna facebook sekarang pastinya si pembuat facebook menyimpan semua data data dari para pengguna facebook Maka pastinya si pembuatnya melakukan keamanan yang amat sangat ketat utuk data data pemakai facebook agar tidak dengan mudah di ambil orang tangan tangan tidak bertanggung jawab.Dan tren yang akan datang mungkin yah jaringan bisa dipakai seperti di film-film luar kayak mission immposibble,resident evil dan lain- lain... dan semoga indonesia bisa menyamakannyah ^_^ amien


2.                  Tugas Kedua
 Judul Posting              : Tugas 2 ~ Apa pendapat anda tentang "teknologi interface" dan lngkungan komputasinya?
Link Posting                 :http://ratnawatisandini.blogspot.com/2012/10/tugas-2-apa-pendapat-anda-tentang.html
Tanggal Posting                        : 2012-10-28 pada pukul  02:24:25

Rangkuman:

Menurut dari link-link yang saya baca Teknologi Interface adalah suatu teknologi atribut sensor yang dimana ada dari pertemuan sistem jaringan komunikasi dan teknologi informasi yang berhubungan dengan pengoperasian oleh penggunanyaa.Dalam Teknologi Interface terdapat 6 macam fitur yang terdiri dari Head up display system, Tangible Interface,Computer Vision, Middleware Telematika, Browsing Audio Data dan Speech Recognation Sedangkan yang dibilang Lingkungan komputasi adalah suatu lingkungan di mana sistem komputer digunakan. Lingkungan komputasi dapat dikelompokkan menjadi empat jenis yaitu komputasi tradisional, komputasi berbasis jaringan, komputasi embedded, dan komputasi grid.Pada awalnya komputasi tradisional hanya meliputi penggunaan komputer meja (desktop) untuk pemakaian pribadi di kantor atau di rumah. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi maka komputasi tradisional sekarang sudah meliputi penggunaan teknologi jaringan yang diterapkan mulai dari desktop hingga sistem genggam. Perubahan yang begitu drastis ini membuat batas antara komputasi tradisional dan komputasi berbasis jaringan sudah tidak jelas lagi.
         Jadi menurut saya dengan adanya teknologi interface dapat memudahkan kita atau para pengguna dalam menggunakanya.apalagi lingkingan kumputasi pada saat ini sudah tidak menggunakan yang tradisional.dan dengan teknologi interface amat sangat berhubungan dengan linkungan komputasi.
3.                  Tugas Ketiga

Judul Posting               : Tugas 3 ~ Bagaimana fungsional kolaborasi antarmuka otomatif multimedia telematika
Link Posting                 : http://ratnawatisandini.blogspot.com/2012/11/tugas-3-bagaimana-fungsional-kolaborasi.html
Tanggal Posting                        :  2012-10-11 pada pukul  04:52:56

Rangkuman:
Kolaborasi antar muka ototmotif multimedia adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk menciptakan standarisasi  dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat elektronik dapat bekerja. Contoh Komputer  dan alat komunikasi kendaraan atau computer dan radio dalam mobil. Satiap alat elektronik itu harus dapat bekerja dengan selaras sehingga kendaraan dapat lebih handal.Setiap perangkat elektronik yang dipasang belum tentu cocok dengan setiap kendaraan. Perangkat elektronik atau multimedia bias saja mengganggu system keselamatan dan system-sistem lain di dalam kendaraan. Itulah kenapa perlu dibentuk standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia.Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) sudah memiliki anggota : Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C mengembangkan dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif yang umum untuk jaringan komunikasi kendaraan. Dan 40 pemasok elektronik mendaftarkan diri untuk menulis standar. Mereka berpendapat untuk menulis standar diperlukan waktu selama 2 tahun. Tapi dua tahun adalah masa di telematika. Penyelenggara elektronik, ponsel, komputer dan peralatan video yang akan menggunakan koneksi dapat melewati beberapa generasi dalam waktu itu.Standar-standar akan memungkinkan sebuah pasar plug-and-play global untuk perangkat elektronik yang akan dipasang di kendaraan dengan kemudahan yang sama dengan melampirkan pheriperal komputer pribadi.