DEFINISI
Tangible User Interface (TUI) adalah sebuah antar muka pengguna di
mana seseorang berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan
fisik. Sebuah TUI adalah salah satu teknologi dimana pengguna
berinteraksi dengan sistem digital melalui manipulasi obyek fisik
terkait dan langsung mewakili kualitas sistem tersebut.Nama awal dari
TUI adalah Graspable User Interface (GUI), yang tidak lagi digunakan.
Ide dari TUI adalah untuk memiliki hubungan langsung antara sistem
dan cara anda mengontrol melalui manipulasi fisik dengan memiliki makna
yang mendasar atau hubungan langsung yang menghubungkan manipulasi fisik
ke perilaku yang mereka picu pada sistem.
Salah satu pionir dalam user interface yang nyata adalah Hiroshi
Ishii , seorang profesor di MIT Media Laboratory yang memimpin Grup
Berwujud Media. Visi tertentu Nya bagi UIS nyata, yang disebut Bits
Tangible, adalah memberikan bentuk fisik ke informasi digital, membuat
bit secara langsung dimanipulasi dan mencolok.
Orang-orang telah mengembangkan keterampilan canggih untuk merasakan
dan memanipulasi lingkungan fisik mereka. Namun, sebagian besar
keterampilan ini tidak digunakan dalam interaksi dengan dunia digital
saat ini. Interaksi dengan informasi digital saat ini sebagian besar
terbatas pada Graphical User Interface (GUI).Dengan keberhasilan
komersial Apple Macintosh dan Microsoft Windows, GUI telah menjadi
paradigma standar untuk Human Computer Interaction (HCI) hari ini. GUI
merupakan informasi (bit) dengan piksel pada layar bit-dipetakan.
Mereka representasi grafis yang dapat dimanipulasi dengan remote
controller generik seperti mouse dan keyboard. Dengan representasi
decoupling (piksel) dari kontrol (perangkat input) dengan cara ini, GUI
memberikan kelenturan untuk meniru berbagai media grafis. Namun, ketika
kita berinteraksi dengan dunia GUI, kita tidak bisa mengambil keuntungan
dari ketangkasan kita atau memanfaatkan keterampilan kita untuk
memanipulasi berbagai benda-benda fisik seperti manipulasi blok bangunan
atau kemampuan untuk membentuk model dari tanah liat.
KARAKTERISTIK
1. Representasi fisik digabungkan untuk mendasari komputasi informasi digital.
2. Representasi fisik mewujudkan mekanisme kontrol interaktif.
3. Representasi fisik perseptual digabungkan untuk secara aktif ditengahi representasi digital.
4. Keadaan fisik terlihat “mewujudkan aspek kunci dari negara digital dari sebuah sistem.
Penerapan Tangible User Interface
1. Mouse
Salah satu penerapan TUI yang paling sederhana adalah pada mouse.
Menyeret mouse melalui permukaan datar dan gerakan pointer pada layar
yang sesuai merupakan cara berinteraksi dengan sistem digital melalui
manipulasi objek fisik. Gerakan yang dibuat dengan perangkat tersebut
memiliki hubungan yang jelas dengan perilaku yang dipicu sistem,
misalnya misalnya pointer bergerak naik ketika Anda memindahkan mouse
maju. Teknologi ini membuat menjadi sangat mudah untuk menguasai
perangkat input dengan bantuan sedikit koordinasi tangan dan mata.
2. Siftables
Merupakan perangkat kecil dari proyek awal di MT Media Lab yang
memiliki bentuk menyerupai batu bata kecil yang mempunyai interface.
Shiftable memiliki jumlah lebih dari satu dan mampu berkomunikasi serta
berinteraksi satu sama lain tergantung pada posisinya. Shiftable yang
terpisah tahu kapan shiftable lain berada di dekat mereka dan bereaksi
sesuai dengan permainan user.
3. Reactable
Reactable adalah alat musik yang dirancang dengan keadaan teknologi
seni untuk memungkinkan musisi (dan lainnya) untuk bereksperimen dengan
suara dan menciptakan musik yang unik.
Instrumen ini didasarkan pada meja bundar tembus dan bercahaya di
mana satu set pucks dapat ditempatkan. Dengan menempatkan mereka di
permukaan (atau membawa mereka pergi), dengan memutar mereka dan
menghubungkan mereka satu sama lain, pemain dapat menggabungkan
unsur-unsur yang berbeda seperti synthesizer, efek, loop sampel atau
elemen kontrol dalam rangka menciptakan komposisi yang unik dan
fleksibel.
Begitu setiap keping ditempatkan di permukaan, keping itu diterangi
dan mulai berinteraksi dengan keping lain, menurut posisi dan
kedekatannya. Interaksi ini terlihat pada permukaan meja yang bertindak
sebagai layar, memberikan umpan balik instan tentang apa yang sedang
terjadi di Reactable, mengubah musik ke dalam sesuatu yang terlihat dan
nyata.
4. Microsoft Surface
Merupakan sebuah teknologi dengan layar multi sentuh yang
memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan built in system pada
waktu yang sama. Yang menjadi perhatian adalah hal tersebut bereaksi
tidak hanya ketika disentuh, tetapi teknologi ini juga dapat mengenali
objek yang ditempatkan diatasnya dan dapat mengatur sendiri perilaku
yang terkait dengan benda-benda serta bagaimana kita dapat
memanipulasinya.
5. Marble Answering Machine
Contoh lain dari Tangiable User Interface adalah Marble Answering
Machine (Mesin Penjawab Marmer) oleh Durrell Uskup (1992). Marmer
merupakan suatu pesan yang ditinggalkan di mesin penjawab. Menjatuhkan
marmer ke piring pemutar,lalu memutar ulang pesan yang terkait.
6. Sistem Topobo
Blok di Topobo seperti blok LEGO yang bisa diambil bersama-sama,
tetapi juga dapat bergerak sendiri menggunakan komponen bermotor.
Seseorang dapat mendorong, menarik, dan memutar blok-blok, dan blok-blok
bisa menghafal gerakan-gerakan ini dan menggulang kembali
gerakan-gerakan tersebut. Pelaksanaan lain memungkinkan pengguna untuk
sketsa gambar di atas meja sistem dengan pena yang nyata nyata.
Menggunakan gerakan tangan, pengguna dapat mengkloning gambar dan
peregangan dalam sumbu X dan Y hanya sebagai salah satu program yang
akan di cat. Sistem ini akan mengintegrasikan kamera video dengan sistem
pengenalan isyarat.
sumber :
http://awaninsky.wordpress.com/2011/11/29/tangible-user-interface/
http://purnama07.blogspot.com/2010/11/tangible-user-interface.html
http://www.bluehaired.com/2010/05/what-are-tangible-user-interfaces-2/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar